Senin, 08 Agustus 2011

Outlook Dan Review Pekan Ini: 08-12 Agustus 2011


Penurunan peringkat hutang Amerika Serikat, satu tingkat, oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor’s dari AAA menjadi AA+, menambah rasa khawatir para pelaku pasar terhadap gambaran ekonomi global ke depan.

Amerika Serikat yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar dunia dianggap sebagai barometer ekonomi oleh para investor. Dan penurunan peringkat ini menunjukkan perekonomian AS masih belum bisa menunjukkan pemulihan yang stabil. Bahkan menunjukkan adanya masalah kesehatan fiskal AS yang serupa dengan yang ditunjukkan oleh beberapa negara zona euro belakangan ini.

Para pelaku pasar tentunya akan mencari instrumen atau aset yang dianggap aman di tengah situasi yang terlihat memburuk ini. Emas dijadikan target pembelian oleh para investor di samping mata uang franc Swiss dan yen Jepang.

Meskipun situasi di Eropa tidak lebih baik dari AS saat ini, namun jatuhnya peringkat AS untuk pertama kali dalam sejarah memberikan kesan yang negattif terhadap eknomi AS. Euro/dollar AS akan mendapatkan sokongan dari berita ini untuk mencapai kembali resisten kuat di kisaran 1.4370. Support penting EUR/USD di kisaran 1.4260.

GBP/USD memiliki support kuat di kisaran 1.6340. Turunnya peringkat AS dapat memberi dorongan sterling menuju level 1.6470 yang juga resisten kuatnya. Sementara AUD/USD terjerembab karena dianggap mata uang beresiko lebih tinggi dan dapat terus tertekan menuju level 1.0220. Support penting di area MA 200 grafik harian di 1.0290.

Kekhawatiran pasar akan memburuknya ekonomi tentunya akan menekan indeks saham. Nikkei bisa tenggelam ke area 8970 dengan resisten di area 9250. Hangseng telah terjun MA 200 grafik mingguan di 20950 dan berpotensi menuju area 19640. Dan Kospi berpotensi bergerak antara level 226-235 pekan ini jika support di MA 200 grafik dail 239.80 tertembus.

Emas masih menjadi aset safe haven primadona dan telah menembus level psikologis $1700 per troy ons Senin siang ini. Volatilitas emas membesar menjadi 20-40 dollar per hari. $1720 menjadi resisten pertamanya pekan ini dan support terdekat di area $1697.

Minyak mentah terus turun akibat sentimen alih resiko atau risk aversion. Dari sisi teknikal, harga minyak berpotensi menuju kisaran support $82.80 per barel, dan bahkan mungkin bisa ke level $79.90 bila kekhawatiran berlanjut. Resisten di $85.70 dan $88.30.

Data-data ekonomi terutama yang menyangkut pertumbuhan ekonomi seperti data aktivitas manufaktur, data tenaga kerja, data neraca perdagangan dan data konsumsi akan sangat diperhatikan pelaku pasar. Pasar ingin melihat apakah ekonomi memang sedang melambat. Bila datadata mendukung demikian, akan menyulut kembali sentimen alih resiko.

Pasar juga sangat menantikan FOMC meeting dari Federal Reserve AS karena ingin mengetahui apa tanggapan dari petinggi Fed terhadap perkembangan ekonomi AS dan kebijakan Fed untuk membantu memulihkan ekonomi AS ke depannya.

Perlu diperhatikan bahwa kejadian pergerakan harga yang cepat ke satu arah, biasanya akan ada aksi reversal. Oleh karena itu para pelaku pasar harus waspada dan berhati-hati.


Data Ekonomi dan Peristiwa Penting Pekan Ini:

Date: Mon, August 08, 2011
Australia, Swiss, Canada Bank Holiday
- Japan : Bank Lending y/y, Current Account, Economy Watchers Sentiment
- Australia : ANZ Job Advertisements m/m
- Swiss : Unemployment Rate
- Europe : Sentix Investor Confidence

Date: Tue, August 09, 2011
- Japan : Monetary Policy Meeting Minutes, M2 Money Stock y/y,
Household Confidence, Prelim Machine Tool Orders y/y
- Australia : Home Loans m/m, NAB Business Confidence
- China : CPI y/y, Fixed Asset Investment ytd/y, Industrial Production y/y,
PPI y/y, Retail Sales y/y
- Swiss : SECO Consumer Climate
- Europe : German Trade Balance
- UK : BRC Retail Sales Monitor y/y, RICS House Price Balance,
Manufacturing Production m/m, Trade Balance, Industrial Production
- Canada : Housing Starts
- US : Prelim Nonfarm Productivity q/q, Prelim Unit Labor Costs q/q,
IBD/TIPP Economic Optimism, FOMC Statement, Federal Funds Rate

Date: Wed, August 10, 2011
- Japan : Tertiary Industry Activity m/m, CGPI y/y
- Australia : Westpac Consumer Sentiment
- China : Trade Balance
- Europe : German Final CPI m/m
- UK : BOE Gov King Speaks, BOE Inflation Report
- US : Wholesale Inventories m/m, Crude Oil Inventories, Federal Budget Balance

Date: Thu, August 11, 2011
- New Zealand : Business NZ Manufacturing Index
- Japan : Core Machinery Orders m/m
- Australia : MI Inflation Expectations, Employment Change, Unemployment Rate
- Europe : ECB Monthly Bulletin
- UK : CB Leading Index m/m
- Canada : Trade Balance, NHPI m/m
- US : Trade Balance, Jobless Claims, Natural Gas Storage

Date: Fri, August 12, 2011
- Japan : Revised Industrial Production m/m
- Europe : Industrial Production m/m
- US : Core Retail Sales m/m, Retail Sales m/m,
Prelim UoM Consumer Sentiment, Business Inventories m/m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUPPORTED BY