Senin, 26 September 2011

Outlook Dan Review Pekan Ini: 26-30 September 2011


Pekan lalu pasar keuangan diliputi oleh kekhawatiran bahwa ekonomi global akan masuk kembali ke dalam resesi. Pergerakan seperti tahun 2008 dikhawatirkan akan terjadi lagi. Saham sektor perbankan yang menjadi motor ekonomi berguguran, memberi sinyal ke pasar adanya ketakutan yang merebak di kalangan pelaku pasar.

Kekuatan dollar terlihat terjadi peralihan portofolio yang besar ke aset dollar oleh para pelaku pasar. Hampir sama dengan kejadian 2008, dimana dollar ternyata masih menjadi aset safe haven pasar keuangan global meski peringkat hutang jangka panjangnya sempat diturunkan oleh salah satu lembaga pemeringkat hutang S&P’s.

Federal reserve AS yang diharapkan akan memberikan stimulus moneter yang lumayan besar ternyata hanya melakukan operation twist yaitu perpindahan portofolio dari obligasi AS yang bertenor pendek ke obligasi AS yang bertenor panjang 10-30 tahun. Pelaku pasar merasa tidak mendapat dukungan dari Fed sehingga mencari aset aman yang didukung Fed yakni obligasi AS tenor 10-30 tahun sambil melihat kemungkinan adanya kebijakan baru dari pejabat pengelola fiskal dan moneter untuk mengatasi krisis.

IMF pun telah memberikan peringatan kepada dunia bahwa ekonomi global sudah memasuki fase yang berbahaya dan meminta para pengambil kebijakan dunia untuk segera bertindak dan memulai lagi langkah pemulihan ekonomi.

Krisis hutang Eropa terus memuncak dan melebar. Kini Yunani kembali dikabarkan akan default alias tidak sanggup membayar hutang. Italia dan Spanyol diragukan kemampuan fiskalnya. Perbankan Eropa terutama di Perancis, Jerman, dan Inggris menjadi sorotan karena eksposur pembiayaanya ke Yunani. Penurunan peringkat perbankan Perancis dan AS menambah keresahan pelaku pasar.

EUR/USD terpuruk karena peralihan portofolio investor ke dollar AS. Support terdekat di sekitar 1.3300 dan resisten terdekat di 1.3460. GBP/USD pun berpola sama dengan euro/dollar, tekanan turun masih melekat dengan support di kisaran 1.5320 dan resisten di 1.5500. Jika GBP/USD berhasil menembus 1.5500, peluang kembali terbuka menuju area 1.57.

USD/JPY masih bergerak di kisaran 76, tapi dengan meningkatnya keresahan di kalangan pelaku pasar, ada peluang USD/JPY melemah ke bawah level 76.00. Resisten terdekat di 77.00. USD/CHF bergerak naik karena isu bank sentral Swiss akan menaikan patokan EUR/CHF menjadi 1.25 dari 1.20. Resisten terdekat di 0.9180, selanjutnya di 0.9350.

AUD/USD terus terkapar mengikuti anjloknya harga komoditi. Support selanjutnya di kisaran 0.9560 dan resisten terdekat di 0.9730. Sentimen pengalihan resiko membuat semua instrumen beresiko terjerembab dalam termasuk mata uang yang berkorelasi dengan komoditi seperti aussie, dollar New Zealand dan dollar Kanada.

CME kembali menaikan jaminan margin emas, kali ini sebesar 21%, mengingat tingginya volatilitas pasar. Kenaikan ini akan efektif setelah penutupan bursa tanggal 26 September ini. Pelaku pasar tentunya akan melakukan reposisi untuk menyesuaikan dengan jaminan margin yang baru dan tentunya ini akan menambah tekanan jual bagi emas. Emas membentuk support di kisaran 1529 dan masih berpeluang untuk turun lagi ke area 1500. Tapi apabila level 1529 dapat bertahan, kemungkinan emas akan berkonsolidasi di sekitar area 1560. Resisten terdekat di 1600.00.

Sentimen risk aversion atau alih resiko juga melanda minyak mentah. Support di 77.00 dan 75.70, level rendah 9 Agustus. Dan resisten di 79.60 dan 81.80.

Data Ekonomi dan Peristiwa Penting Pekan Ini:

• Date: Mon, September 26, 2011
- New Zealand : Trade Balance
- Europe : German Ifo Business Climate
- UK : MPC Member Broadbent Speaks
- US : FOMC Member Raskin Speaks, New Home Sales

• Date: Tue, September 27, 2011
- Japan : CSPI y/y
- Swiss : UBS Consumption Indicator
- Europe : GfK German Consumer Climate, M3 Money Supply y/y, Private Loans y/y
- UK : MPC Member Posen Speaks, CBI Realized Sales
- US : S&P/CS Composite-20 HPI y/y, CB Consumer Confidence,
Richmond Manufacturing Index
- Canada : Gov Council Member Macklem Speaks

• Date: Wed, September 28, 2011
- Australia : HIA New Home Sales m/m
- Europe : German Import Prices m/m, German Prelim CPI m/m
- UK : BOE Credit Conditions Survey
- US : Core Durable Goods Orders m/m, Durable Goods Orders m/m,
Crude Oil Inventories
- Swiss : Gov Board Member Jordan Speaks
- US : Fed Chairman Bernanke Speaks

• Date: Thu, September 29, 2011
- Japan : Retail Sales y/y, BOJ Gov Shirakawa Speaks
- Europe : German Unemployment Change
- UK : MPC Member Miles Speaks, Net Lending to Individuals m/m,
M4 Money Supply m/m, Mortgage Approvals
- Canada : RMPI m/m, IPPI m/m,
- US : Jobless Claims, Final GDP q/q, Pending Home Sales m/m,
Natural Gas Storage

• Date: Fri, September 30, 2011
- New Zealand : Building Consents m/m, NBNZ Business Confidence
- UK : GfK Consumer Confidence
- Japan : Manufacturing PMI, Household Spending y/y, Tokyo Core CPI y/y,
National Core CPI y/y, Unemployment Rate, Prelim Industrial Production,
Housing Starts y/y
- Australia : Private Sector Credit m/m
- China : HSBC Final Manufacturing PMI
- Europe : German Retail Sales m/m, CPI Flash Estimate y/y, Unemployment Rate
- Swiss : KOF Economic Barometer
- Canada : GDP m/m
- US : Core PCE Price Index m/m, Personal Spending m/m, Personal Income m/m,
Chicago PMI, Revised UoM Consumer Sentiment

• Date: Sat, October 01, 2011
- China : Manufacturing PMI
- Australia : Daylight Saving Time Shift

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUPPORTED BY