Selasa, 23 Agustus 2011

Outlook Dan Review Pekan Ini: 22-26 Agustus 2011

Pelaku pasar masih diliputi kekhawatiran terhadap pelambatan ekonomi global yang menyebabkan pasar keuangan tertekan dan aset safe haven masih diminati. Data-data ekonomi yang dirilis pekan lalu, kebanyakan menunjukkan hasil di bawah ekspektasi pasar.

Perhatian pasar juga masih tertuju pada krisis hutang yang melanda Eropa. Pertemuan pemimpin Jerman dan Perancis tidak memberikan solusi yang diinginkan oleh pasar. Mereka menolak penerbitan obligasi Eropa (Eurobonds) yang menurut analis pasar dapat mengatasi masalah krisis hutang.

Isu likuiditas perbankan juga menjadi pembicaraan hangat pekan lalu. Eksposur kredit besar-besaran ke Yunani dan negara lainnya yang memiliki beban hutang besar oleh perbankan Eropa membuat para pelaku pasar khawatir bahwa perbankan akan kesulitan mendapatkan uangnya kembali. Regulator perbankan di Amerika Serikat pun memiliki kekhawatiran serupa. Federal Reserve Bank of New York telah meminta data-data ke bank-bank Eropa yang membuka cabang di AS untuk mengetahui kemampuan keuangan untuk mempertahankan operasional mereka di AS.

Pekan ini para pelaku pasar akan disajikan banyak data ekonomi penting untuk mengonfirmasi asumsi pelambatan ekonomi seperti data aktivitas manufaktur dan sektor jasa, data tingkat keyakinan konsumen dan bisnis, dan data pertumbuhan GDP. Dengan banyaknya sentimen negatif di pasar keuangan tentunya data bagus akan langsung memberi angin segar dan memberikan kekuatan instrumen yang dikategorikan risky asset untuk rebound.

Pasar juga akan menantikan pidato dari Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke pada akhir pekan ini untuk mengetahui komentarnya mengenai performa ekonomi belakangan ini. Pada rapat keputusan suku bunga yang terakhir, Bernanke tidak membuka sesi tanya jawab dengan media seperti yang dilakukannya belakangan ini.

EUR/USD dan GBP/USD masih belum benar-benar kuat untuk naik. Sentimen negatif masih menaungi mata uang kawasan Eropa ini. Euro/dollar AS memiliki support di kisaran 1.4340 yang mungkin dapat menahan laju penurunan. Namun bila berlanjut, eurusd dapat menuju ke support selanjutnya di 1.4250. Untuk resisten di kisaran 1.4450 dimana terlihat pola double top di kisaran tersebut.

USD/JPY mendapatkan dukungan ke level 77 dari isu intervensi bank sentral Jepang pagi ini. Tapi tidak bertahan lama USD/JPY kembali ke area 76.00. Area 76.30 masih menjadi level kuat usd yen pekan ini. Potensi intervensi masih membayangi pasar.

USD/CHF terlihat pola konsolidasi dan membentuk level support dan resisten di kisaran 0.7760 dan 0.8020. Breakout kedua level ini akan menggerakan lebih jauh USDCHF sesuai dengan arah masing-masing.

Gambaran pelambatan ekonomi yang mulai terindikasi di Australia, menekan apresiasi AUDUSD. Support terdekat di 1.0310. Yang bila ditembus, menarik AUDUSD ke level 1.0160-an lagi. Sementara resisten di kisaran 1.0570.

Harga emas terus memuncak, setelah dibuka naik Senin pagi ini. Sentimen negatif pada aset beresiko membuat para pelaku pasar mencari aman di emas. Harga emas cenderung naik ke atas $1900 per troy ons pekan ini. Support terdekat di kisaran 1846-1850.

Harga minyak mentah masih berkonsolidasi di kisaran 82.00. Perang di Timur Tengah tampaknya tidak mempengaruhi kenaikan harga minyak mentah namun lebih dipengaruhi efek pelambatan ekonomi global yang cenderung menekan harga minyak mentah. Jika level 79.30 berhasil ditembus, minyak mentah dapat kembali terjun ke kisaran $76 per barel.

Data Ekonomi dan Peristiwa Penting Pekan Ini:

• Date: Mon, August 22, 2011
- Europe : German Import Prices m/m
- US : Mortgage Delinquencies

• Date: Tue, August 23, 2011
- China : HSBC Flash Manufacturing PMI
- New Zealand : Inflation Expectations q/q
- Swiss : Trade Balance
- Europe : German Flash Manufacturing PMI, German Flash Services PMI,
Flash Manufacturing PMI, Flash Services PMI,
German ZEW Economic Sentiment, ZEW Economic Sentiment
- UK : BBA Mortgage Approvals, CBI Industrial Order Expectations
- Canada : Core Retail Sales m/m, Retail Sales m/m
- US : New Home Sales, Richmond Manufacturing Index

• Date: Wed, August 24, 2011
- New Zealand : Trade Balance
- UK : Nationwide Consumer Confidence
- Japan : CSPI y/y
- Australia : CB Leading Index m/m, Construction Work Done q/q
- Europe : German Ifo Business Climate, Industrial New Orders m/m
- US : Core Durable Goods Orders m/m, Durable Goods Orders m/m,
OFHEO Home Price Index m/m, Crude Oil Inventories

• Date: Thu, August 25, 2011
- New Zealand : Core Retail Sales q/q, Retail Sales q/q, FPI m/m
- Europe : GfK German Consumer Climate
- Swiss : Employment Level, ZEW Economic Expectations
- UK : CBI Realized Sales
- Canada : Corporate Profits q/q
- US : Jobless Claims, Natural Gas Storage

• Date: Fri, August 26, 2011
• Day 1 Jackson Hole Symposium
- Japan : Tokyo Core CPI y/y, National Core CPI y/y
- Europe : M3 Money Supply y/y, Private Loans y/y
- UK : Revised GDP q/q, Prelim Business Investment, Index of Services 3m/3m
- Swiss : KOF Economic Barometer
- US : Prelim GDP q/q, Revised UoM Consumer Sentiment,
Fed Chairman Bernanke Speaks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUPPORTED BY